Jumat, 02 Desember 2016

MEMBUAT LAMPU LED RUMAHAN

BERIKUT SAYA  KUTIPKAN CARA PEMBUATAN LAMPU LED 

SUMBER::Skema Lampu LED

Untuk lebih jelasnnya berikut Langkah-langkah perakitan lampu LED dari botol Rexona untuk pemakaian lampu LED di rumah, yaitu cara membuat power supplay trasformerless power supplay atau power supplay tanpa transformator/trafo.
Langkah Pertama yaitu menghubungkan Resistor 390K Ohm secara palarel dengan Capasitor 680nF/450VAC
Langkah ke Dua yaitu dari ke empat dioda IN4007 dua dioda diseri dan dua dioda lagi diseri kemudian kedua dioda yang sudah di seri dihubungkan palarel. Kalau bingung lihat video yang pernah saya posting Cara membuat lampu LED untuk rumah dengan led SMD 5730.
Kemudian Langkah ke tiga salah satu dioda yang diseri, bagian katoda dan anoda yang diseri dihubungkan ke salah satu kaki capasitor 680nF/450V 
Untuk Langkah ke empat  saatnya memasang capasitor elektrolit (elco) 1uF/450V. perhatikan gambar capasitor elco, capasitor elco yang terdapat strip garis putih adalah polaritas (-)  di hubungkan ke  anoda dan kaki capasitor elco di hubungkan ke katoda. Setelah itu sambungkan resistor  ukuran 50-56 Ohm ukuran 1/4 watt (khusus lampu LED berdaya rendah) juga boleh tapi di sini saya menggunakan ukuran 1 watt (karena kehabisan)  ke kaki capasitor mylar 680nF di kaki satunya lagi.
Langkah ke lima hubungkan seri resistor 500KOhm palarel dengan elco.
Langkah ke enam hubungkan kabel untuk menghubungkan ke soket e27 lampu led. yaitu dengan menghubungkan  kabel satunya ke resistor 50-56Ohm  dan satunya lagi ke dioda yang menghubungkan seri anoda dan katoda. Lihat skema rangkaian lampu LED jika bingung.
Cara Buat power supplay lampu LED
Langkah ke Tujuh yaitu mengubungkan kabel untuk LED SMD 3528, yaitu dengan menghubungkan palarel ke capasitor elco.
Dan langkah selanjutnya adalah  membuat rangkaian LED smd 3528 dengan cara di pasang secara seri. Sebelumnya saya menggunakan  ring yang saya spray dengan pylox warna putih agar ada lapisan isolator yang mencegak koslet antara LED dan saya tempel Cooper Tape ( beli di Luminbox.com), tapi tiba2 hilang jadi saya solder tanpa pcb. lihat gambar dibawah.


Gambar di bawah menunjukan bola roll yang ada di botol Rexona saya potong sebagian agar lampu LED SMD 3528 bisa masuk ke dalam.

Soket E27 saya dapatkan dari casing lampu CFL hemat energi yang saya potong hingga seperti gambar di bawah
akhirnya karenat tidak jadi pakai PCB untuk LED, maka saya solder tanpa pcb. cara soldernya sama seperti video saya tentang Cara membuat lampu LED sein kuning
Gambar dibawah adalah hasil jadinya, soket E27 saya lem menggnakan lem Dextone, tapi terserah tergantung kreasi anda masing2 mau di lem pakai apa saja yang penting kuat.

Cara buat lampu led bohlam
Dan berikut adalah skema atau rangkaian lampu LED smd 2835 menggunakan transformerless power supplay
Skema Lampu LED 220 V ac

3 komentar:

  1. info yg menarik

    Belajar sesuatu yang baru dan menghasilkan uang! Saya baru saja menutup perdagangan dengan 168.00 pips keuntungan dan memperoleh uang ekstra di AGEA (www.agea.com)!

    BalasHapus
  2. Outputnya jadi brapa volt gan ?

    BalasHapus